Jumat, 22 Mei 2015

Cara Membuat Gantungan Kunci Fiber Glass

Sekarang lebih modern buatan manusia bahan sintetis telah memungkinkan untuk kemajuan teknologi lebih dari yang mungkin pernah anda berpikir. Tanpa bahan sintetis kita tidak akan memiliki ponsel, komputer, mobil, pesawat, dan bahkan beberapa pakaian dan barang rumah tangga sehari-hari. Fiberglass adalah bahan sintetis penting. Seperti namanya akan menyarankan, fiberglass dibuat dari serat yang sangat halus dari kaca yang telah dijalin bersama untuk membuat bahan yang sangat kuat. Fiberglass sering digunakan sebagai agen menegakkan kembali untuk banyak produk polimer. Hasilnya adalah material komposit yang sangat tahan lama.
Bahan dasar yang digunakan : 
1. Resini 15 cc 
2. Catalis oil/minyak katalis 5-10 tetes 


Alat-alat yang disiapkan : 
1. Cetakan (terbuat dari plastik/logam/kaca) 
2. Kapas 
3. Minyak goreng 
4. Foto/gambar/pernak-pernik 
5. Tempat adukan 
6. Lidi (untuk mengaduk) 
7. Amplas halus 
8. Compond/pengkilat

Cara Membuat:

PERTAMA
Siapkan semua alat & bahan diatas meja. ~ bila ingin menggunakan foto/gambar sebagai isi fiberglass,maka foto/gambar tersebut harus di potong/di gunting dulu disesuaikan dengan cetakan yang akan digunakan.      ( foto/gambar harus lebih kecil dari cetakan ).
KEDUA
Olesi bagian dalam cetakan dengan minyak goreng agar tidak lengket,kemudian ambil kapas kering dan usaplah cetakan untuk mengurangi minyak yang berlebihan agar fiberglass yang dihasilkan bening.
KETIGA
Masukkan resine & catalis oil kedalam tempat adukkan,lalu aduk hingga rata selama < 1 menit. ~ setelah itu dituang kedalam cetakan,lalu masukkan foto/gambar dengan posisi terbalik (foto/gambar menghadap ke bawah)
KEEMPAT
Taruh ditempat datar dan diamkan selama < 30 menit. ~ setelah 30 menit keluarkan hasilnya dari cetakan,lalu angin-anginkan selama mungkin (semakin lama semakin keras/baik hasilnya).

KELIMA
Ambilah amplass yang sudah dicelupkan air,lalu amplasslah bagian fiberglass yang belum halus (biasanya bagian belakang). ~ terakhir gosoklah fiberglass dengan Compond agar betul-betul terlihat bening seperti kaca.
KEENAM 
Bila sudah jadi,tinggal kita buat lubang untuk memasang besi gantungan kuncinya. Melubangi bisa pakai bor kecil atau paku yang diputar sambil ditekan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar